Sabtu, 09 April 2011

Ultras Tornado Zadar


Tornado Zadar
didirikan pada tahun 1965, menjadi salah satu kelompok ultra tertua di bagian Eropa.
Zadar dikenal sebagai "kota basket", dan merupakan salah satu dari sedikit kota di Eropa di mana basket sejauh ini merupakan olahraga utama, dan karena ini ultras di Zadar terutama mengikuti SM Zadar. Dengan dukungan mereka fanatik dan agak religius, Tornado telah menjadi merek dagang dari Zadar selama 40 tahun terakhir, menjadi sinonimous untuk dukungan keras, tempermental dan tidak dapat dikontrol.
Berada di ujung tombak dukungan terorganisir, Tornado merupakan salah satu pertama yang mengatur penggemar bepergian ke laga tandang, termasuk Eropa jauh perjalanan (1968 Madrid, dan 200 Tornado di Varese 1972, di mana ada perkelahian dengan tifosi Italia). Hal ini berlangsung sampai kerusuhan dan bertempur dengan polisi Yugoslavia di Ljubljana tahun 1972, setelah polisi melarang transfer Tornado untuk pergi game! Selama 80's dengan kembalinya pemain KreŇ°imir Cosic untuk Zadar, Tornado sekali lagi diperkuat. Ada bahkan akan menjadi sekitar 2000 orang fanatik di pelatihan. Tahun-tahun Tornado mengamuk di Ljubljana lagi, sementara jauh transfer ke Zagreb masih "medan mudah".Salah satu tahun yang paling penting bagi Tornado adalah 1986, ketika Zadar menjadi juara liga mengalahkan Cibona, yang baru saja menjadi Champions Eropa. Ada sekitar 1000 fans di Zagreb Tornado yang telah datang untuk mendukung tim mereka. Tepat di awal pertandingan berkelahi dengan polisi pecah. Di lapangan, setelah pertandingan tegang Zadar berhasil menang, meskipun underdog berat. Setelah kemenangan mereka, ada celeberation fanatik dari 50 000 orang di pusat kota (kota Zadar telah CCA 60 000 warga negara pada waktu itu). Sekali lagi pada tahun 1988, sebelum pertandingan dengan Cibona ada perkelahian dengan BBB di Zagreb dan tahun berikutnya (sebelum perang pecah) Tornado terlibat dalam perkelahian dengan Delije dan polisi Yugoslavia di Knin.

Tornado juga sempat aktif di sepak bola, meskipun itu tidak populer di Zadar sebagai basket. Pada tahun 1988, di divisi Yugoslavia kedua, pada pertandingan melawan Spartak Subotica, FC Zadar tertipu dan Toranado rusak pagar dalam kemarahan dan menyerbu lapangan. Setelah kejadian ini Zadar dilarang bermain di perusahaan Stanovi Stadium dan jatuh dari liga.

Di Zagreb, 1990. Tornado sekali lagi ambil bagian dalam pertempuran dengan BBB selama pertandingan melawan SM Zagreb. Shorty setelah ini banyak anggota Tornado bergabung dengan tentara Kroasia dan masuk ke perang melawan agresi Serbia, banyak mengorbankan hidup mereka untuk membela negara kita. Kota Zadar sangat menderita selama perang, dikelilingi dan terisolasi oleh Serbia, tanpa listrik dan air, menderita kerusakan yang mengerikan. 1992. akan diingat oleh transfer dramatis ke Zagreb, ketika Tornado diikuti oleh granat mortar, dan bus pemain Zadar ditembak.Namun, tidak bahkan ini bisa menghentikan ultras Zadar.

Selama musim 1995/96, diikuti FC Tornado Zadar di sepakbola lebih aktif, mengubah Zadar ke medan sulit bagi tim lawan dan pendukung yang, tidak sedikit, pergi tanpa, mereka syal spanduk atau bendera. Kompetisi di sepak bola baik untuk Tornado, karena tidak ada riil sama "rumah" di bagian eropa, dan luar negeri. Bahkan meskipun tidak menjadi olahraga utama di Zadar, Tornado dianugerahi "oscar Football" untuk kelompok pendukung terbaik di Kroasia di medan sepak bola untuk musim 1997/98!

Dalam seson '98, SM Zadar sekali lagi diperkuat. Selama permainan playoff kejuaraan Kroasia melawan Cibona, anggota Tornado tidak tahan pencurian dan ketidakadilan yang terjadi dan menyerang wasit. Permainan ini berakhir dan Zadar dilarang satu pertandingan tanpa penonton. Tornado kemudian mengadakan protes yang disebut "Zadar Terbuka", untuk mengumpulkan uang dan membantu klub membayar denda tersebut, serta untuk mendukung Zadar, terlepas dari tidak diperbolehkan masuk. Sekitar arena, sementara pertandingan sedang dimainkan tanpa mereka, 40 000 orang bernyanyi, bersorak, flare menyala, bom asap dan Pyro lainnya dan didukung Zadar selama berjam-jam sebelum dan setelah pertandingan. Zadar Buka bahkan televisi oleh CNN, membawa Tornado ke layar TV di seluruh dunia. Zadar Namun, kehilangan sekali lagi.

1998-1999. Zadar memenangkan Piala Kroasia di Zagreb, didukung oleh 1.500 anggota Tornado. Tahun berikutnya, para pemimpin Tornado pensiun dan bersama dengan mereka hampir seluruh inti kelompok, yang merupakan pukulan mengerikan. Hal ini menyebabkan kejutan, dan jatuh inevidable dalam kualitas sementara banyak mencoba untuk menjadi pemimpin. Tornado terus mendukung Zadar, namun ini merupakan tahun-tahun "mencari" untuk diri kita sendiri, mencoba untuk beradaptasi dengan kondisi baru.

Selama musim 2002/03 inti, baru muda Tornado mulai muncul. Tornado sekali lagi memperkuat mereka pergi dukungan di basket maupun sepakbola. spanduk baru, syal, Kaps dan bahan-bahan lain dibuat. Selama musim ini, setelah menang bermain baik musim semua playoff panjang dan mengesankan, SM Zadar menjadi juara Liga Adriatik.

Musim 2004/05 akan dikenang sebagai salah satu yang paling penting. Inti baru Tornado sebagian besar terbentuk, dan Tornado meningkatkan dalam banyak cara. Akhirnya, setelah 19 tahun menunggu dan doa keinginan terbesar dari semua penggemar Zadar terpenuhi .. Setelah hampir dua dekade, Zadar memenangkan kejuaraan Kroasia!

Hari ini, Tornado menyatukan ultras dari Zadar. Bahkan dalam situasi tertentu Tornado dalam, kehidupan ultra masih hidup dan semakin kuat di Zadar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Lainnya