Rabu, 27 April 2011

Macan Kemayoran Wajib Menang


Kemenangan diraih Persija saat melakoni laga ’’usiran’’ di Solo, akhir pekan lalu. Hasil positif pun wajib dihasilkan Persija lagi pada partai kandang yang kembali terlaksana di Stadion Manahan.

Ya, setelah membungkam Persisam Putra Samarinda, Persija menjamu Bontang FC, sore ini. Pada pertandingan yang akan disiarkan antv mulai pukul 15.25 WIB ini, tiga angka bisa membuat perjuangan Macan Kemayoran ringan.

Sebab, Bambang ’Bepe’ Pamungkas dkk dituntut memaksimalkan sisa laga akhir musim ini untuk dapat meraih posisi runner-up. Jadi, setiap laga kandang pun tak ada pilihan lain, selain menang. Apalagi, Macan Kemayoran lebih diunggulkan dari berbagai sisi saat menghadapi Bontang.

Anak asuh Rahmad ’RD’ Darmawan saat ini berada di urutan 3 dengan nilai 37 dari 21 laga. Asalkan bisa memanfaatkan momentum, Bepe dkk berpeluang mendapatkan tiket Asia dari Indonesia Super League (ISL) 2010/2011.

Mereka masih terpaut satu angka dari runnerup Semen Padang (SP) dengan jumlah laga yang sama. Persija juga tertinggal 10 angka dari kandidat kuat juara Persipura Jayapura yang sudah menjalani 21 pertandingan.

Untuk lolos ke Asia, Bepe dkk sedikitnya harus mengumpulkan nilai 52. Misi pertama mengejar kuota 15 angka tambahan sudah terpenuhi saat menang 7-2 atas Persisam, Sabtu (23/4).

Mereka harus meneruskan tren kemenangan itu. Jika membandingkan Persisam dengan Bontang yang terpuruk di zona play-off degradasi dengan nilai 13 dari 22 laga, tentu pekerjaan Persija hari ini lebih ringan.

’’Kami memang membutuhkan kemenangan pada laga sisa. Tapi, sekarang yang terpenting adalah normalisasi euforia pemain. Mereka harus melupakan kemenangan besar sebelumnya. Secara teknis, permainan kamu sudah berjalan sesuai harapan,” kata RD, kemarin.

Krisis teknis sebelumnya sempat mendera Bepe dkk. Seusai ditaklukkan 1-4 oleh Persijap Jepara, dua homekontra Persipura Jayapura dan Persiwa Wamena masing-masing berakhir seri. Persija justru terpeleset 1-2 saat dijamu Arema Malang, sebelum akhirnya menang besar atas Persisam.

’’Kami harus mempertahankan ritme permainan yang sudah kembali tersebut. Pemain harus menjaga motivasinya. Kami tetap tidak mau meremahkan Bontang, meski berada jauh di bawah kami pada klasemen,’’ tandas RD, eks arsitek Sriwijaya FC (SFC) ini.

Kalkulasi sejarah pertemuan saat ini juga berpihak kepada Macan Kemayoran. Dari tujuh laga terakhir, Persija menang pada empat pertemuan, dua kali seri, lalu sisanya kalah. Pada putaran pertama musim 2010/2011, Bepe dkk menang dengan skor 1-3 di kandang Bontang.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Bontang FC Andi Sofyan Hasdam menjelaskan, timnya dihadapkan pada absennya Sathosi Otomo yang terkena kartu merah pada laga sebelumnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Lainnya