Kamis, 14 April 2011

Nasionalisme dan Yugoslavia

.

nasionalisme serbia Yugoslavia

Jadi saya melihat nasionalisme muncul di klub yang asuransi (dan lainnya lebih kecil) untuk 80s pertengahan. Sampai saat itu kecenderungan agak dikontrol, tetapi sejak itu kekacauan dimulai. Muncul pemisahan yang jelas, lagu kebangsaan obsnuite sampai kemudian digantikan oleh dorongan untuk menghancurkan orang-orang Serbia atau Kroasia.
Dengan pembentukan kelompok-kelompok terorganisir pendukung dalam nasionalisme berdiri menjadi lebih jelas.BBB (Bad Boys Blue - Dinamo Zagreb) dengan berdirinya tahun 1986 telah resmi paling aktif di arah ini. Dan bukan karena itu lebih patriotik dari yang lain, tetapi karena ini adalah kesempatan mereka untuk berdiri dalam sorotan dan membawa kekuatan baru di halaman rumput mereka, cara paling pasti untuk menarik perhatian media. It's so dipungkiri bahwa mereka adalah yang pertama yang memeluk nasionalisme ekstrim. Torcida (Hajduk Split)mengambil alih nasionalis ekses keberadaannya, tetapi tidak pernah mengidentifikasi diri mereka hanya dengan orientasi ini, karena tidak membutuhkan sesuatu. Situasi berbeda BBB dan menemukan cara untuk menarik penggemar. Melihat nasionalisme itu adalah cara yang baik untuk menarik pasukan baru telah berorientasi ke arah ini dan kelompok-kelompok kecil di Kroasia, terutama Armada (Rijeka) dan Kohorta (Osijek). Tentu, pada akhirnya dan Torcida melanjutkan cara ini, diam-diam pada awalnya, tetapi akhirnya mereka telah datang ke tingkat adcelasi sebagai situs BBB. Nasionalisme telah melampaui persaingan, maka itu adalah pakta diam-diam, BBB dan Torcidamendapatkan untuk bekerja secara terbuka. Mereka mulai berjalan bersama dalam pertandingan, dengan spanduk yang ditampilkan pada pagar mesin pemotong BBB di Split dan sebaliknya. Beberapa kelompok di luar dari Split dan Zagreb telah pergi begitu jauh yang telah membuat bendera yang sama, yang ditulis atas nama kedua lengan dari dua kelompok dan klub (misalnya, BBB Torcida Murska Sobota). Ini dimulai sebagai dasarnya kesatuan pendukung Kroasia, untuk menghindari konflik dan tantangan di antara mereka (kecuali pertandingan di Rijeka dan Split, di mana ada apa-apa). Dengan kata lain, persaingan merupakan pendukung di sisi kiri dan menemukan musuh bersama.

Di Serbia, nasionalisme berkembang juga di tribun, namun tidak ada saham biasa dan aliansi. Tentu saja ada beberapa kasus di mana beberapa pergi dengan grobari Delije pada "panas" dan vice versa jalan, tapi tidak ada yang melewati kepala untuk membawa Utara (Sever - Lawn Zvezda) grobarilor setiap banner atau selatan pagar (Jug, Partizan rumput) bendera merah putih. Maka, sementara di Kroasia kelompok terbesar adalah bersatu dan bekerja sama di Serbia adalah periode terberat konfrontasi antara grobari dan Gipsy. (Gypsy - julukan asli Zvezda).Beberapa mengatakan bahwa ini adalah karena kurangnya tradisional kesatuan Serbia dan lain-lain membawa bahwa budaya kuat pendukung di Beograd. Tak satu pun dari penjelasan ini tidak nyata. Hanya saja tidak di Serbia membutuhkannya, juga adalah perasaan yang akan unit. Di Serbia, tidak ada banyak Kroasia sebagai ancaman tidak teraba, dan tidak berbicara sampai mereka pertandingan langsung. Tentu saja Serbia pada Drina (perbatasan alami antara Kroasia dan Serbia) merasa hal-hal yang berbeda, sedangkan di hadapan Serbia Kroasia Kroasia terasa di mana-mana, yang merupakan proporsi yang cukup besar penduduk.

Maka, sementara kelompok baru lahir di Kroasia di sayap nasionalisme yang secara otomatis berbalik melawan Serbia di Serbia, juga terjadi dengan kelompok nasionalis lembut, tetapi tanpa tujuan atau tindakan yang koheren.Aku bahkan tidak mengharapkan adanya gerakan untuk kelompok Kroasia bersama. Sebagai contoh, agitasi yang lebih besar di Novi Sad adalah ketika ia datang daripada ketika mereka datang Dinamo Zvezda. Kelompok kecil di Serbia menyerang satu sama lain, dan cukup sering mencoba untuk menyerang yang besar (seperti Red Kantor (Novi Sad) vs Delije atau Meraklije (Nis) versus Grobari) - tapi tentu saja secara eksklusif di rumah. Bahkan jika semua kelompok Chetniks Serbia dan dimuliakan dia Drazica Umum (pemimpin nasionalis royalis), meskipun semua bermain untuk Serbia - ketika diarahkan kepada mereka musuh berada di dekatnya. Ada pengecualian, seperti "kembaran" Delije dengan "varvarii (Buducnost - Titograd arus lalu Podgorica, ibukota Montenegro hari ini) yang pada hari-hari yang sangat berorientasi pada Serbia. Dengan baik-tapi ada pengecualian untuk pengecualian, sehingga terjadi bahwa Grobarilor akan bermain mereka di Podgorica, "diperlukan lebih banyak bit srpsko na Obal Crne Gore" ("ada akan lebih besar Serbia Montenegro bumi") tapi tidak ada mengambil ini dengan serius dan tidak menganggap sepele tantangan apa pun selain dari saingan. Perlu dicatat bahwa 1987 adalah mendirikan Angkatan Serikat (Rad Beograd) yang dalam ledakan nasionalisme Serbia dan Kroasia berjalan satu langkah lebih lanjut, yang pertama untuk memulai unsur-unsur neo-Nazi di galeri Yugoslavia.

Sementara itu, seperti yang saya katakan sebelumnya, di Bosnia memerintah "persaudaraan dan persatuan." Tidak ada jenis nasionalisme dan ekstremisme. Surga di bumi, Anda mungkin berkata - tetapi, selain pro-Yugoslavia, bergeser tegang dari mantan federasi diragukan lagi hanya yang di Sarajevo. Ada diserang siapa pun. Kita tahu misalnya bahwa BBB telah dipukuli selama Horde Zla (Sarajevo FC) dan "maniak" (Zeljeznicar Sarajevo) mengejarnya sekitar Delije . Ada saja insiden lain, tetapi kedua adalah yang paling penting. Di luar Sarajevo, tetapi tidak cukup melambung, kecuali gerakan Horde terkenal JNA (Partizan), ditikam ketika dua grobari. Perlu dicatat bahwa mereka yang di Sarajevo melakukan perjalanan bersama cukup sering, dan bahwa insiden di Sarajevo berjuang bersama. Dan hal ini tidak berhubungan dengan bagaimana afiliasi nasional lokal, dan sangat didedikasikan untuk kota mereka. Bahkan jika insiden itu sangat keras dengan orang lain, di antaranya tidak masalah utama. Ada masalah sedikit, tetapi tidak pernah melebihi batas dan terus di luar stadion, yang terus hari ini.
Sebagian besar Mostar memiliki "preferensi" untuk Torcida tertentu. pendukung Velez hanyalah membenci orang Split, tidak seperti di Sarajevo, yang mengharapkan lebih agresif di Zagreb dan Beograd. Tapi, dan Mostar, seperti Sarajevo, membual Iugoslavija dan multi-etnis. Semua sampai pada saat ...

... Ketika tidak ada yang jelas apa yang terjadi. Praktis nasionalisme semalam di Bosnia meletus di tribun, pertama di Sarajevo dan kemudian di seluruh kota. Pagar menghilang dan muncul bendera bendera Iugoslavijei's SDA (Muslim pihak etnis yang berkuasa di Bosnia saat ini) dan bendera Kroasia. Beberapa anggota Uni's Joint sejak (Zeljeznicar) menjalin hubungan dengan situs BBB, dan aturan internal muncul bahwa anggota kelompok yang mungkin hanya Muslim atau Kroasia. Pada awalnya malu-malu, nasionalis maka semakin sulit dan menjadi Horde Zla - mengarah ke arus keluar dari Serbia di Sarajevo dua rumput. Contoh diikuti dan sisanya dari kota Sarajevo, yang diharapkan. Yang jelas bukan salah satu eksodus diharapkan dari Serbia dari rumput di Banja Luka, kota Serbia-mayoritas. Untuk 2-3 permainan dan "Lesinari" (pengelompokan orang-orang dari Banja Luka Borca) terbang bendera bulan sabit hijau. Untungnya hal ini tidak berlangsung lama. Serbia kembali ke halaman dan mengambil kendali lagi bendera Serbia di mana-mana devenid sana. Dara sudah ini terjadi tepat sebelum pecahnya perang, mengingat struktur penduduk kota ini diperkirakan akan terjadi.

Perlu disebutkan bahwa di Bosnia ada masih sangat nasionalis dan kelompok, hanya mereka yang mengklaim mereka umbul tim di Kroasia dan Beograd. Yang terkuat dan paling banyak adalah Delije Sarajevo , tentu yang terbesar dan, oleh beberapa, brigade terbaik "Gypsy" di luar Beograd. Mereka sangat terorganisasi dengan baik dan, seperti sisa Sarajevo, insiden yang sangat berbahaya. Selain itu mereka menyebutkan mereka di Livno BBB, sebagai terorganisir dengan baik. Jumlahnya lebih sedikit, tapi tentu seperti keras dalam penegasan identitas nasional. Di bawah bendera dari brigade di Maksimir akan mengumpulkan semua Herzegovina Kroasia di barat ..Kelompok ketiga yang juga sangat aktif, tetapi sangat jarang diingatkan Grobari Brcko mungkin adalah subset terbaik Srbija grobari non, yang seluruh kota mereka dengan mereka. Mungkin mereka tidak begitu nasionalis, dengan banyak Muslim di barisan mereka yang telah meninggalkan grup sebelum perang. Selain itu mereka menyebutkan dan Banja Luka, yang selalu memiliki grobari delije banyak dan sangat aktif, dan bahkan kelompok Dinamo, BBB BL.Dan melalui ini kita melihat bahwa pada saat itu hanya Toricda dukungan regional, bukan nasional.
Dan untuk disebutkan di sini dan kelompok yang dikenal untuk nasionalisme nya, Delije Knin. Mereka hampir tidak pernah sebuah kelompok yang terorganisir, melainkan massa nekat orang, yang menyerang apa yang terjadi melalui Knin dan terhubung dengan Dinamo atau Hajduk. Dan hari ini berbicara tentang insiden yang terjadi di kereta api melewati Knin pendukung Kroasia, atau gerakan mereka Zvezda pertandingan. Mereka tidak punya tempat dalam cerita ini karena penegasan nasionalisme mereka, dan kapan dan bila tidak diperlukan. Hal ini tidak dianjurkan untuk masuk ke dalam konflik dengan mereka ... dan mereka telah membuat kesalahan, seperti yang terjadi untuk menghancurkan kantor BBB di stasiun Knin dan toko. Itu terjadi karena kereta mereka terlambat, jadi saya berharap bahwa mereka yang tersebar, tapi pokoknya, salah satu kelalaian mereka sendiri.

Dokumenter Yugoslavia Football - Penampungan Old Skor 1990

Bagian 1:

Bagian 2:

13 Mei 1990: Salah satu alasan dimulainya perang antara Serbia dan Kroasia: pertandingan Dinamo Zagreb - Red Star

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Lainnya