Rabu, 20 April 2011

Tembus Asia, Persija Dapat Subsidi Lagi


Persija Jakarta berpeluang mendapatkan fasilitas subsidi tambahan dari pemerintah. Syaratnya, Macan Kemayoran harus memenuhi target musim depan ikut kompetisi level Asia.

Sasaran itu wajib didapatkan Persija dari Indonesia Super League (ISL) 2010/2011. Syarat tersebut merupakan tanggung jawab moral yang kini menyertai Persija. Setelah Macan Kemayoran sebelumnya sudah mendapatkan suntikan subsidi APBD senilai Rp10 miliar.

Manajemen Persija saat ini juga masih memiliki cadangan anggaran dengan jumlah sama. Pemerintah sebelumnya mengabulkan permohonan pendanaan dengan nilai Rp20 miliar. Setelah manajemen Persija mengajukan proposal permohonan subsidi senilai Rp25 miliar. Manajemen Persija harus mengeluarkan dana sekitar Rp22 miliar untuk bersaing di ISL musim ini.

Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Syahrianta Tarigan mengungkapkan, pencairan termin kedua APBD tahun ini akan dilakukan paling lambat Juni mendatang.

’’Pencairan dana Persija berikutnya rencananya dua bulan lagi, ditunggu sampai akhir Juni. Beberapa waktu lalu pencairan termin pertama sudah dilakukan. Tapi yang terpenting saat ini adalah komitmen pemenuhan target mereka,” kata Syahrianta.

Macan Kemayoran saat ini bisa dikatakan kehilangan peluang juara. Bambang ’Bepe’ Pamungkas dkk berada di setrip 4 dengan nilai 34 dari 20 laga. Mereka hanya unggul produktivitas plus dua gol dari Sriwijaya FC (SFC) yang berada tepat di bawahnya.SFC mencatatkan nilai sama,tapi punya satu laga lebih banyak.

Dengan jumlah laga yang mencapai 21, Persija terpaut 17 nilai dari kandidat kuat juara Persipura Jayapura. Peluang sisa Bepe dkk saat ini tinggal satu tiket ke Piala AFC 2012. Mereka hanya terpaut empat angka dari runner-up Semen Padang.

”Untuk juara, tampaknya agak sulit. Performa stabil ditunjukkan tim di atasnya. Tapi, Persija bisa finis di urutan 2 agar bisa bermain di Asia. Mereka harus mengamankan status itu, tidak perlu menunggu peluang dari turnamen lainnya,” lanjutnya.

Untuk finis di urutan 2,anak asuh Rahmad ’RD’ Darmawan setidaknya harus mengantongi nilai 52 pada akhir musim. Artinya, mereka harus memenangkan persaingan di enam laga sisa. Target terdekat mereka adalah memenangkan dua laga home beruntun, meski digelar di Stadion Manahan, Solo.

Persija meladeni tamunya, Persisam Putra Samarinda, Sabtu (23/4), plus Bontang FC empat hari kemudian di Solo. Semua efek penyelenggaraan KTT ASEAN 2011 yang membuat mereka terusir dari Jakarta. Untuk menjaga peluang tiket ke kompetisi Asia, Persija harus mewaspadai Arema, SFC, Semen Padang, dan Persisam.

”Persija berpeluang mendapatkan dana tambahan dari pemerintah. Asal lolos ke Asia, mereka bisa saja mengajukan proposal anggaran belanja tambahan (ABT) tahun ini. Kami tetap komitmen membantu perkembangan sepak bola Jakarta, apalagi klub tidak lagi mendapatkan APBD pada 2012,” ungkap Syahrianta.

”Kami tetap yakin bisa memenuhi target yang ada. Evaluasi sudah dilakukan. Pemain sempat dihadapkan pada masalah pemindahan stadion, tapi sudah diberi pengertian,” tandas Sekretaris Tim Persija Ferry Indra Syarief.
SUMBER : BOLAINDO.COM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Lainnya