Kamis, 14 April 2011

Nasionalisme dan pendukung mantan adegan-Yugoslavia


YugoslaviaSelama rezim komunis di bekas Republik Federal Sosialis Yugoslavia kasar ditekan setiap tampilan simbol nasional. Itu luar biasa untuk berjalan di sekitar kota dengan seperti persaudaraan, simbol dan kesatuan (dan bratstvo jedinstvo - Slogan Titoist Yugoslavia?) Dikenakan sanksi dengan paksa. Meskipun semua tekanan itu begitu jelas bahwa kita adalah saudara dan bersatu, dan hal ini harus terwujud dalam satu atau lain cara. Pilihan paling aman (meskipun itu ...) adalah pergi ke stadion dan ada berteriak di waktu luang Anda.
Pada tahun 1945 diciptakan banyak klub dengan nama yang diambil dari indeks proletar-komunis: Sloboda (Kebebasan), Proleter (proletar), Torpedo, Dynamo, Zvezda (Bintang). Biasanya, Anda harus memperhatikan 3 paling penting ... Di Zagreb sebelum perang ada tiga tim utama: Konkordija (Concordia), dan Gradjanski Haski (Kota). Tentu saja mereka tidak sendirian, tetapi mereka pasti adalah yang paling populer dan paling bune.In 1945, dengan dekrit, ketiga dihapuskan dan Dinamo didirikan.

Di Belgrade membentuk dua tim baru, Crvena Zvezda (Red Star) dan Partizan. Ia meninggalkan beberapa tim tua, mengubah nama mereka ke BSK Metalac (metalurgi) dan kemudian di OFK. Bahkan jika pada saat itu adalah klub paling sukses Serbia menjadi benar-benar terpinggirkan, bahkan jika mereka telah berhasil memenangkan pertengahan 50 2 Mei SFRJ Cup. Mempromosikan dua baru klub infiintatae membawanya tetapi klub kecil di pinggiran. Partizan model klub CSKA tentara Rusia langsung di bawah naungan, yang pada waktu itu memiliki kekuatan yang besar. Kursus Dinamo Zvezda dan telah menerima bagian mereka, bergabung dengan ketiga dan Hajduk Split dalam apa yang dikenal sebagai "Velika cetvortka? (Yang aces, empat besar).

Hajduk memang merupakan kasus khusus karena merupakan satu-satunya klub yang telah memainkan peranan penting dalam SRFJ bekas yang didirikan oleh dekrit setelah perang, tetapi ada sejak tahun 1911. Banyak yang telah mengatakan bahwa ia akan selamat bahwa Tito sendiri adalah pendukung tim. Ada legenda bahwa ia ingin pindah ke Beograd dan untuk membuat Army klub, tetapi bahwa mereka di Split tidak setuju. Suara yang indah dan bermartabat, tapi itu jauh dari benar. Pada hari tidak ada yang tidak memberitahu risiko Tito dan klik-nya, yang jika anda ingin melakukan sesuatu yang mereka lakukan tanpa halangan apapun. Yang benar adalah bahwa Hajduk bertahan dan menolak kenyataan bahwa selama perang telah memainkan pertandingan persahabatan dengan Inggris dan mengenakan pertandingan Hajduk pentagram T-shirt. Hal ini dianggap telah secara aktif berpartisipasi dalam perang, komunis. Sama-sama benar adalah bahwa ini tidak berarti Anda adalah sebuah klub Komunis, karena untuk orang-orang pada umumnya dan Split di Dalmatia (wilayah pesisir Kroasia, ibukota Split) yang satu-satunya jalan ke depan, karena Mengapa rezimnya UstaSa Kroasia Dalmatia Italia.

Dalam kasus apapun, ia dibuat "bahwa asuransi itu? dan perlahan-lahan tapi pasti mayoritas pendukung dalam SFRJ mulai berorientasi ke tim-tim. Pada mulanya tidak ada tim nasional terlalu jelas, walaupun ada banyak peristiwa yang saat ini dianggap sebagai semburat nasionalis, meskipun tidak. Tapi tentu itu bukan pendukung sangat terlihat untuk pedoman nasional di tahun 60-an dan awal 70-an. Ketika terjadi konflik wilayah federal pertama dan perasaan meningkatkan jangkauan nasional, khususnya di (sungai di perbatasan Srbija dan Kroasia) Drina, sisi Kroasia. Di Serbia, terutama karena ada beberapa orang Kroasia yang tinggal di sana tidak seperti ketegangan yang kuat.

Pada tahun-tahun, tapi malah situs MASPOK (POKret MASovni singkatan untuk "gerakan massa?) Dan Spring Kroasia disebut." (Gerakan ditujukan otonomi lebih besar bagi Kroasia dalam federasi). Spirits adalah gelisah, tapi semuanya tenang di waktu intervensi ERDF oleh otoritas, yang mengutuk MASPOK penyelenggara dan pemimpin untuk penjara yang lama. Tapi kemudian ada juga ketegangan nasionalis pertama di tribun.

Kota klub Hajduk Split dan, apalagi, klub Dalmatian. Warga benar-benar tinggal di sana untuk tim ini tidak begitu terlihat dan nasional ketegangan. Hari ini semua orang bangga telah jatuh nomor registrasi mobil dengan Beograd masih di tahun 60an, para prajurit akan dilemparkan ke dalam laut , saat aku menunggu di pisau keluar dari Zvezda dan Partizan. Yang benar adalah berbeda. Pemusnahan BG mesin terjadi setelah pertandingan dengan OFK, karena yang mereka kehilangan judul. Tentara menyatakan bahwa mereka dipukuli karena beberapa tim lain, bukan karena mereka adalah tentara federal. Pertempuran terbesar terjadi terhadap orang-orang dari Vardar (Skoplje tim - Makedonia), dan bukan melawan tim Serbia. Invasi tanah pertama terjadi di pertandingan melawan Sarajevo, yang terbesar agresi terhadap lawan terjadi di Dinamo Zagreb sampai klub 80 adalah yang paling dibenci oleh pendukung Hajduk. Jadi peristiwa ini disebabkan oleh nasionalisme, tetapi hanya temperamen Split. Hal ini juga harus mengatakan, pada tahun 1945 tim muncul logo bintang merah, walaupun sering di tribun melambai-lambaikan bendera nasional Kroasia.

Dinamo tidak terlalu populer untuk mengubah logo saat ia menjadi setengah dari "sahovnica? (Yang terkenal "papan catur Kroasia coat of arms?). Pada saat ledakan sebenarnya terjadi antara pendukungnya, Dinamo muncul di mana-mana. Kroasia mulai mengasosiasikannya dengan simbol nasional, sehingga sama dengan jumlah pendukung di pendukung Hajduk (beberapa bahkan percaya bahwa mengalahkan).
Partizan sejak awal telah mengatakan bahwa klub Yugoslavia. Nama lengkap adalah JSD (Jugoslovensko Sportsko Drustvo - Olahraga Asosiasi Yugoslavia), lengan adalah 6 obor yang digunakan dan abjad Cyrillic. Dengan bahwa pendukung Triglav telah sampai Djevdjelije, klub Yugoslavia sejati.
Serbia luar Serbia (sejak daerah lain di federasi) yang diperlukan sesuatu yang lebih ekstrim, dan telah menemukan ini di Crvena Zvezda. Dan mereka juga mendirikan dan Partizan klub Dinamo dan mereka komunis, tapi masih belum sebagai "Yugoslavia." Itulah orang-orang Serbia telah mencari. Dengan Crvena Zvezda Serbia srbii luar hanya mewujudkan identitas nasional mereka, harus menunjukkan kepada mereka bahwa mereka Kroasia lebih baik dan Zvezda memberi mereka segala sesuatu yang mereka inginkan. Hal ini dapat berbicara dan menulis lebih baik dari hari ini, dapat memberitahu kita hari ini bahwa Zvezda pendukung selalu Serbia kebanyakan dari Belgrade, tetapi kenyataannya adalah bahwa manifestasi publik pertama dari nasionalisme Serbia oleh Zvezda berasal dari Dalmatia. Cukup, jika Anda adalah seorang Dalmatia Serbia harus tetap dengan Zvezda. Kroasia di daerah dipegang oleh Hajduk, bahkan karena beberapa orang Serbia di sana, tapi mereka pengecualian. Kami terus terang agak melihat Serbia cocok ada Hajduk - Zvezda Serbo-Kroasia sebagai bentrokan dari Kroasia. Bagi mereka setelah semua Klis (kota di Dalmatia) adalah sama, atau bahwa dia salib dengan tiga jari atau dengan sekop. Tapi banyak hal berubah dengan waktu.

Namun, apa yang penting untuk menekankan lagi bahwa Crvena Zvezda pendukung di luar Serbia simbol hanya nasional, yang dibudidayakan dengan metode apapun. Bagi mereka, Zvezda benar-benar klub Serbia saja, kita tidak mengikat spanduk Cyrillic, mantel SD tentang senjata ditafsirkan sebagai "sportsko drustvo? (Olahraga asosiasi) tetapi "srpsko drustvo?. Bahkan radikal anti-komunis telah menemukan cara untuk mengidentifikasi, menyatakan bahwa tim akan menarik keluar sebuah klub Beli Orlov (White Eagles), yang tentu saja tidak benar. Hanya orang yang mencoba mencari pembenaran untuk mendukung sebuah klub komunis Beograd, mencapai dan percaya legenda tersebut. Berarti bagi mereka Zvezda Menghina menghina Serbia, Zvezda adalah kebencian dan kebencian dari segala sesuatu Serbia Serbia.

Gambar

Kebanyakan orang memahami panji Split, Hajduk "Dear Nas? (Inisial, adalah Nezavisne Država Hrvatska NDH - Negara Independen Kroasia - Kroasia ini diproklamasikan pada bulan April 1941, setelah tentara Jerman masuk dan mengambil alih kekuasaan oleh Ustasi "), tetapi jauh lebih sedikit tahu dari sebuah bendera yang terbuat dari 10 orang Serbia," С 'вама Сада Дрниша Ступамо Смјело-вјерни навијачи из Миочића код?, dimana inisial ini CCCC

dari - Samo Sloga srbina spasava (persatuan hanya menghemat Serbia), pepatah lama Serbia nasional, juga diwakili pada lambang. Selanjutnya, dua tongkat bendera itu, tetapi tanpa bagian pertama (mana ada CCCC) berada di pagar Marakanei (Zvezda nama stadion)

Knin, Benkovac Kistanje - dalam kota (Kroasia) 99,99% dari Zvezda dan terus srbi dengan menyatakan bahwa pada hari-hari hal-hal yang dilarang.

Seperti yang saya katakan, Serbia dan Kroasia dan segera memilih tim yang mendekati klub kota dan apa yang kemudian dibiarkan menonjol, yaitu kebangsaan. Pertanyaan yang tersisa mengapa bangsa-bangsa lain Yugoslavia.

Slovenia tidak selalu pertandingan sepak bola pantru penegasan identitas nasional, dan terus terang tidak membutuhkannya. Untuk semua dari mereka ceielalti "Selatan." Dalam sepakbola, namun mereka tidak terlalu banyak bertanya, tapi selalu di Slovenia ditemukan sejumlah besar pendukung "bahwa asuransi," biasanya imigran dari republik lain. Dalam Makedonia mayoritas beralih ke Zvezda dan Partizan, dengan parkir ekstra untuk Partizan, sehingga bahkan di republik ini nasionalisme tidak bisa berbicara tentang sepak bola.
Dan kita sampai kasus yang paling kompleks, Bosnia dan Herzegovina. Orang tergoda untuk mengatakan bahwa sampai perang di Bosnia ada nasionalisme sepak bola. Saya mengatakan sebaliknya. Dalam nasionalisme Bosnia telah terwujud paling kuat, tetapi "Yugoslavia." Cocok tim dari Bosnia membawa banyak bendera di tribun atau Partai Komunis Yugoslavia, dan tidak jarang potret Tito. Hanya perlu tahu bahwa setelah Perang Dunia Kedua di Bosnia telah ditutup sebagian besar tim nasional tertentu. Dengan demikian, di Sarajevo sebelum perang ada Saskia (Kroasia), Slavija (Serbia) Djezerlez (Muslim), Makabi (Ibrani). Semua klub ini dibubarkan setelah perang, dan didirikan oleh keputusan sebuah klub baru, Torpedo, FK Sarajevo saat ini. Waktu tanpa tim nasional khusus, Bosnia berbalik dengan apa yang telah dijatuhkan. Dan selain Sarajevo Zeljeznicar (CFR), Velez, Borac (Fighter), Celik (baja) dan Sloboda (Kebebasan) cukup banyak orang di Bosnia adalah pendukung Partizan, Zvezda, Dinamo, Hajduk sementara memiliki orang jauh lebih sedikit simpatisan di Bosnia, yang menegaskan sekali lagi bahwa adalah satu-satunya klub daerah dan tidak klub "nasional," setidaknya pada waktu itu.
Struktur antara pendukung tim nasional di Bosnia tidak mungkin untuk menentukan. Beberapa pernyataan yang salah adalah dengar hari ini bahwa ada kemudian berdiri terutama Serbia atau Kroasia. Salah satu dari laporan adalah pendukung Zeljeznicar mengatakan bahwa sementara Muslim mayoritas Serbia Sarajevo's. Jauh dari kebenaran! Kedua tim memiliki proporsi yang sama dari tiga kebangsaan. Tentu saja, karena umat Islam adalah struktur penduduk mayoritas. Dan itu menjelaskan mengapa pro-sikap Yugoslavia ditinggalkan sebelumnya. Kaum muslimin tidak ada sentimen nasional yang begitu kuat seperti sekarang, mereka benar-benar mengidentifikasi diri mereka dengan Yugoslavia. Bila sikap ini tidak terpengaruh, Serbia dan Kroasia sana menerimanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Lainnya