Rabu, 06 April 2011

Persija Lebih Semangat Saat Jamu Persiwa



Persija Jakarta sore ini dipastikan tampil lebih bersemangat saat menjamu Persiwa Wamena. Gaji pemain yang sempat telat empat bulan bakal segera dilunasi. Ya, jelang laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) ini, klub Ibu Kota yang berjuluk Macan Kemayoran itu mendapat suntikan nonteknis subsidi pendanaan dari pemerintah.

APBD dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk Macan Kemayoran kabarnya sudah cair. Tiga angka pun langsung jadi sasaran wajib bagi Ismed Sofyan dkk. Skuad Macan Kemayoran sempat mengalami krisis identitas.

Mereka mencoba formulasi baru saat menghadapi Persipura Jayapura dengan komposisi berbeda dari biasanya, Kamis (31/3). Bek Eric Arsene Bayemi diplot sebagai gelandang bertahan untuk menjaga keseimbangan menyerang dan bertahan. Hasilnya, mereka harus berbagi angka 1-1. Keputusan itu untuk menyikapi kegagalan away kala Persija kalah 1-4 dari tuan rumah Persijap Jepara.

Pelatih Persija Rahmad ’RD’ Darmawan mengatakan,problem permainan sudah diatasi. Sang arsitek sudah menyiapkan formulasi permainan baru untuk menghadapi Persiwa.

”Tim tidak perlu bermain ekstrahati-hati, tapi tetap berusaha menyeimbangkan permainan bertahan dengan menyerang,” kata RD.

”Pemain belakang harus memiliki tingkat disiplin tinggi. Kami siap bermain dengan taktik dan strategi baru. Masalah-masalah kemarin sudah diatasi,” lanjut mantan pelatih Sriwijaya FC ini, kemarin.

Sekarang Ismed dkk berada di peringkat 3 klasemen sementara dengan 33 poin dari 18 laga. Terpaut dua angka dari runner-up Semen Padang dengan jumlah laga 35. Terpisah jurang delapan angka dengan pemimpin klasemen Persipura dengan nilai 41 dari 19 laga.Namun,posisi Macan Kemayoranbelum aman karena terus dibayangi Persisam Putra Samarinda dengan nilai 32 dari 19 laga.

Pada laga ini Persija tak bisa tampil komplet. Duo gelandang M Ilham dan Agus Indra Kurniawan terkena akumulasi kartu kuning. Status cuti juga masih diberikan kepada Toni Sucipto yang baru saja melangsungkan pernikahan.

”Beberapa nama yang absen tidak masalah. Ada pemain lainnya. Toni baru bergabung sore nanti (kemarin). Tapi, tampaknya akan diistirahatkan. Sebab, dia lima hari tidak bersama tim. Mentalitas pemain sangat bagus. Mereka mendapatkan tambahan motivasi berupa pelunasan gaji dan down payment(DP),” ungkap RD.

Mentalitas tim kondusif setelah tunggakan gaji pemain selama empat bulan dilunasi. Bukan hanya tunggakan gaji sejak Desember lalu, kekurangan DP kontrak senilai 15% juga sudah dilunasi.

Macan Kemayoran saat ini sudah mendapatkan suntikan APBD Rp10 miliar. Pencairan 50% dari total anggaran yang dijanjikan untuk tahun ini. Sekretaris Komisi X DPRD DKI Jakarta Syahrianta Tarigan mengatakan, pencairan APBD baru dilakukan, Selasa (5/4).

”Dana APBD untuk Persija hari ini (kemarin) sudah dicairkan. Seharusnya hari ini (kemarin) mereka sudah menerima uangnya,” cetusnya.

Sementara itu, Persiwa juga membutuhkan tambahan angka untuk memantapkan posisi. Klub berjuluk Badai Pegunungan Tengahitu kini berada di peringkat 7 dengan nilai 27 dari 18 laga. Mereka menang 2-0 atas Persija pada pertemuan terakhir.

”Evaluasi dua laga sebelumnya sudah dilakukan. Kami hanya perlu bermain disiplin dan tetap fokus sepanjang laga. Kami tahu kualitas Persija. Permainan mereka cepat. Pak Rahmad juga pasti sudah menyiapkan strategi baru,” tandas Suharno, arsitek Persiwa.

sumber :bolaindo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Lainnya