Sabtu, 09 April 2011

Kereta Api Jakarta-Malang Tak Beroperasi


Kereta Api Jakarta-Malang Tak Beroperasi

Tak ingin jadi sasaran amuk massa lantaran mengangkut suporter, PT Kereta Api tak mengoperasikan KA Matarmaja tujuan Malang–Jakarta jelang pertandingan Arema Indonesia melawan Persija yang akan berlangsung Minggu (10/4) besok. Tak hanya KA Matarmaja saja, KA Gaya Baru Selatan dan KA Kertajaya tujuan Pasar Turi-Jakarta juga tak dioperasikan.

Tiga kereta api ekonomi itu diistirahatkan sementara pada Sabtu (9/4) hari ini dan Senin (11/4) mendatang. Setelah itu kembali beroperasi seperti biasanya.

“Ini kebijakan direksi PT Kereta Api. Kebijakan ini karena akan digelarnya pertandingan sepak bola Arema Indonesia melawan Persija di Malang,” jelas Humas PT Kereta Api Daop 8 Surabaya, Sri Winarno, kemarin.

Winarno menjelaskan, alasan tidak dioperasikan tiga KA ekonomi itu karena pertimbangan keamanan dan kenyamanan penumpang. Selain itu juga demi keamanan kereta api.

“Berdasarkan evaluasi selama ini, penumpang kereta api yang tidak tahu menahu juga jadi sasaran karena dikira bagian dari suporter,” kata dia.

Akibatnya citra kereta api pun ikut rusak. “Akhirnya kereta api dinilai angkutan yang tidak aman,” kata dia.

Alasan lain agar PT Kereta Api tak lagi merugi karena kerusakan akibat dilempar warga. Dia lantas mencontohkan pada Januari lalu, KA Matarmaja mengalami kerusakan. 350 kaca pecah karena dilempar warga.

Winarno mengatakan, kerugian material masih bisa ditangani. Namun kerugian akibat buruknya citra kereta api tiada tara nilainya.

Lantas bagaimana pengguna jasa tiga kereta api tersebut? “Silahkan menggunakan alat transportasi lain yang beroperasi. Yang pasti KA Matarmaja, KA Gaya Baru Selatan dan KA Kertajaya tidak beroperasi pada 9 dan 11 April,’’ katanya.

Akibat tiga KA tersebut tak beroperasi, 954 penumpang dari Malang menuju Jakarta bakal kelelaran. Untuk diketahui, KA Matarmaja sekali berangkat membawa sembilan gerbong dengan kapasitas satu gerbong sebanyak 106 orang. Jika ditotal tiga kereta api tersebut, diperkirakan 2862 pengguna jasa kereta api bakal rebutan mencari angkutan alternatif menuju Jakarta pada Sabtu hari ini dan Senin nanti.

sumber : Bolaindo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Lainnya