Minggu, 03 April 2011

AS ROMA vs JUVENTUS: Duel "The Last Fantasistas"

Di balik pertandingan Roma dan Juventus pekan ini, duel antara Francesco Totti dan Alessandro Del Piero mungkin akan menjadi perjumpaan terakhir keduanya di Serie A.Alessandro Del Piero, kembali menemukan permainan terbaik saat Juventus terpuruk di klasemen. (GettyImages)

Sabtu ini duel antara Roma menjamu Juventus tidak lagi menentukan perebutan gelar scudetto. Namun, pertemuan ini akan menyuguhkan duel lain yang erat kaitannya dengan ikon kedua klub, kapten gialorossi Fransesco Totti dan lawannya yang juga kapten Juve, Alessandro Del Piero.

Seiring bergulirnya Serie A, kedua pemain tersebut telah memberikan yang terbaik bagi klub mereka beberapa pekan terakhir. Namun kondisi tim masing-masing sangat menyedihkan baik bagi nasib mereka di Serie A maupun sebagai gambaran sepak bola Italia.

Totti telah mencetak lima gol penting pada beberapa laga, sedangkan Del Piero mengakhiri paceklik kemenangan Juve saat melawan Brescia.

Pertandingan lawan Brescia merupakan kali kedua Del Piero bermain sebagai starter dari lima penampilan terakhirnya, dan gol yang ia cetak membawa kembali kenangan bersama Juve. Gol ini membuktikan pengabdian Del Piero untuk Juve meski La Vecchia Signora tengah terpuruk di akhir karirnya.

Totti dan Del Piero muncul pada awal 1990an. Keduanya mengawali perubahan generasi baru sepak bola Italia dan dinobatkan sebagai simbol klub, pemain dengan kualitas dunia, "The Last Fantasistas".

The Last Fantasistas: Bagi Gialorossi, Francesco Totti adalah kapten, simbol, sekaligus pangeran Roma. (foto: GettyImages)

Pada awalnya mereka selalu mendapatkan tempat dalam starting line-up tim, namun mendekati akhir karir, mereka lebih sering menempati bangku cadangan. Situasi ini tentu tidak mereka inginkan, namun keduanya membuktikan bahwa mereka belum habis.

Del Piero musim ini bermain full-time pada tiga pertandingan dan menjadi starter sebanyak 14 kali. Ia telah bermain 50 persen dari total 2.700 menit laga Juventus musim ini. Sementara Totti telah tampil sebagai starter sebanyak 22 kali dan digantikan 10 kali, dengan total penampilan 1.743 menit dan catatannya hanya disaingi Marco Borriello yang telah bermain selama 2.019 menit musim ini.

Keduanya sangat loyal pada klub tercinta sejak debut mereka pada 1993, dan menjadi legenda dengan bakat alami serta semangat bagi klub masing-masing yang dipuja serta tak diragukan kemampuannya.

Tuah nomor 10 menjadi kunci penting bagi tim serta sering kali dihubungkan dengan legenda-legenda lain Italia. Giuseppe Meazza, Roberto Baggio, Giancarlo Antognoni, Sandro Mazzola dan Gianni Rivera. Apakah Del Piero dan Totti juga akan mengulanginya ketika berhenti berlari bagi klub masing-masing?

Sejak pensiunnya legenda-legenda tersebut dari skuad Azzurri tidak banyak Fantasista sejati yang lahir di timnas Italia, Antonio Cassano pun masih patut dipertanyakan. Saat ini tidak ada seorang pun yang layak menyandang gelar ini, tidak ada pemain Italia yang mampu menginspirasi para pendukung Azzurri di seluruh dunia, tidak ada bibit kreatif yang layak memakai seragam dengan nomor 10.

Ketika Totti dan Del Piero memasuki Olimpico pekan ini, mereka tidak sekedar memperebutkan tiga poin, mereka akan mewakili generasi yang segera berakhir.

sumber : Bola.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Lainnya