Kamis, 24 Maret 2011

Persija Jakarta memang seperti kota Jakarta

Persija Jakarta merupakan salah satu tim sepakbola yang ada di Indonesia, salah satu tim besar yang ada dan telah banyak mendapatkan prestasi dari awal berdirinya di tahun 1928. Persija merupakan tim yang bertempat di kota Jakarta yang dahulunya bernama Batavia. Perjalanan dari awal mungkin saya kurang tahu banyak mengenai Persija, namun belakangan ini Persija sering terjadi masalah pada tim dan kepengurusan Persija.
Jakarta, merupakan Ibukota Negara Republik Indonesia yang berpenduduk terbanyak dari kota-kota lainnya. Jakarta memiliki penduduk yang heterogen, dimana kota Jakarta banyak dihuni berbagai macam suku dan daerah bahkan mancanegara pun ada yang tinggal di kota Jakarta. Dari Heterogen yang ada didalamnya, tak luput juga masalah yang komplek dihadapi oleh kota Jakarta dari mulai Banjir, kemacetan, kepadatan penduduk dan lain sebagainya.

Saat ini mencoba sedikit mengartikan dan menyamakan keadaan Persija dan Kota Jakarta itu sendiri. Persija saat ini memiliki masalah yang kompleks dalam Tim untuk dapat menjadi Tim Profesional dan dapat di contoh oleh tim lainnya di Indonesia. Dari mulai kepemimpinan hingga regenerasi yang kurang baik pun terjadi disini. Sampai-sampai Persija banyak memakai pemain yang sudah jadi (instant) dalam mengarungi Kompetisi-kompetisi yang diikuti.
Kenapa saya samakan antara Persija dan Jakarta, karena keduanya memiliki kesamaan yang hamper mirip yaitu Heterogen dan Kompleks. Banyaknya suatu kelompok, suku, agama dan lainnya yang ada di Jakarta hamper sama yang dialami Persija Jakarta yaitu banyaknya elemen di tubuh Persija dan pendukung yang tidak hanya berasal dari Jakarta saja. saya lebih senang membahas tentang Tim kesayangan saya saat ini yaitu Persija Jakarta.

“kenapa sih Persija hanya sedikit menelurkan regenerasi yang keluar untuk tim ?”, wajar pertanyaan itu terlontar di akhir2 tahun ini. Tapi bila kita melihat di waktu2 lalu, Persija di huni banyak pemain didikan dari tim Junior Persija. bahkan menjadi lumbung pemain untuk menelurkan pemain Tim Nasional Indonesia. Tapi itu ketika Persija belum memiliki masalah yang kompleks seperti saat ini. Dari mulai infrastruktur, kebutuhan pemain, minimnya KKN di tingkat seleksi dan lain-lainnya.
Sekarang kita bandingkan beberapa tahun belakangan ini yang sangat seret dengan Regenerasi pemain muda. Ada apa dengan Persija Junior yang dibina oleh Tim-tim junior Persija ?, mungkin pertanyaan itu telah saya tulis pada sebuah blog (http://catatanpinggirlapangan.wordpress.com/2011/02/24/talenta-muda-berbakat-asal-dki-jakarta/) yang berjudul “Talenta Muda Berbakat asal DKI Jakarta” sebagai suatu pengalaman saja bagi saya yang sebenarnya banyak sekali pemain muda berbakat didikan kota Jakarta. Memang saat ini Persija sangat sulit menelurkan pemain berbakat akibat beberapa masalah yang ada pada internal Persija. tapi itu semua harus dibenahi dari mulai kepemimpinan kepengurusan Persija, Manajemen Tim yang baik, masalah regenerasi yang baik bahkan sikap dari para pendukungnya Jakmania harus kita tingkatkan lagi kedepannya.

Karena Persija sama dengan kota Jakarta yang memiliki keanekaragaman yang tidak dimiliki oleh klub lain. Keanekaragaman ini yang harus kita atur sedemikian rupa sehingga Persija dapat menjadi tim terbaik yang ada di Indonesia dan dapat menjadi percontohan bagi tim lainnya di Indonesia. Dengan memiliki pimpinan yang kualitas baik, Manajemen yang baik, sporter yang juga memiliki sikap kedwasaan semoga kedepannya Persija Juara dan dapat menjadi lumbung pemain berbakat di tanah air yang berasal dari tanah Jakarta dengan system seleksi pemain yang bersih tanpa KKN.

Kemajuan Persija harus disertai dan didukung oleh seluruh elemen yang ada di Persija termasuk Sporternya yaitu Jakmania. tak hanya militan dengan mendukung Persija, tapi turut membantu tim untuk menjadi Juara yang hakiki. Membantu Persija tidak hanya dengan suatu hal/materi yang besar saja, namun apapun demi kebaikan Persija kita patut mendukungnya. Sebagai contoh, tertib ketika menonton jalannya pertandingan, menerima dengan tulus apabila terjadi kekalahan dan tidak membuat rusuh. Itu saja mungkin anda sudah membantu Persija, karena bila anda bersifat anarki, rusuh dan lainnya maka yang rugi adalah Tim kesayangan anda yaitu Persija. ataupun seperti Bung Ferry (Ast. Man. Persija saat ini) bilang dengan membuat suatu logo yang ditempelkan pada merchandise Persija dimana keuntungan dari logo tersebut diberikan untuk Persija dan masih banyak lagi mungkin bila kita ingin ikut andil untuk kemajuan Persija.
Karena Persija adalah tim yang kompleks sama dengan kotanya yaitu Jakarta. Ayo Jak, dari mana pun asal kalian, dari suku manapun kalian, komunitas apapun kalian, dari mulai pengurus sampai hanya Pecinta Persija biasa, mari kita tunjukan bahwa kita bisa membantu Persija, karena tujuan kita ini satu yaitu Persija Juara, Juara yang Hakiki. Bagaimanapun cara kalian asalkan itu positif dan menguntungkan buat Persija ayo kita lakukan hanya untuk Persija.

Satu Jakarta Satu...
Forza Persija…

sumber :jakmania.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Lainnya