Selasa, 01 Maret 2011

Derby della Mole ( Juventus vs Torino)

Derby della Mole, yang dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Derby Turin adalah derby lokal, dimainkan antara dua kota tim yang paling sukses, Juventus FC dan Torino FC. Yang pertama adalah pada tahun 1906, telah ada banyak sejak itu, sebagian besar melalui Serie A Fixtures tetapi juga Coppa Italia dan pertandingan persahabatan.

Juventus adalah klub sepakbola yang paling didukung di Italia dengan lebih dari 12 juta fans (32,5% dari penggemar sepak bola Italia), menurut sebuah penelitian bulan Agustus 2008 oleh surat kabar Italia La Repubblica, serta salah satu klub sepak bola paling didukung di dunia, dengan sekitar 170 juta pendukung (43 juta di Eropa saja), khususnya di negara-negara Mediterania, yang besar antara diaspora Italia telah beremigrasi. Si Nyonya Tua memiliki klub penggemar di seluruh dunia di luar negeri, dari tempat-tempat terpisah sejauh Kanada, Amerika Serikat, Malta, San Marino, Inggris, Iran, Yunani, Israel, Vietnam, Malaysia, India, Australia, Albania, Pakistan, Arab Saudi, Macedonia, Uruguay dan banyak lagi.

Meskipun ini dukungan yang kuat, kehadiran di rumah Juventus pertandingan rata-rata sekitar 22.000, jauh lebih sedikit daripada banyak tim Eropa lainnya sangat terkenal. Contrastingly, permintaan tiket Juventus dalam permainan rumah kadang-kadang diadakan jauh dari Turin adalah tinggi; menunjukkan bahwa Juventus memiliki dukungan kuat di bagian lain negara. Juve secara luas dan sangat populer di seluruh daratan Italia selatan dan Sisilia, memimpin tim untuk memiliki salah satu dari yang berikut terbesar di dunia pertandingan, lebih dari di Turin itu sendiri.
ultras Juventus memiliki hubungan yang baik dengan Piacenza, Den Haag dan Legia Warsawa penggemar dan memiliki beberapa persaingan, tiga yang sangat signifikan.

Grande Torino ("The Torino Besar") adalah nama dengan mana Torino FC tim tahun 1940-an yang dikenal di Italia. Grande Torino mencatat penting dari sepak bola Italia, yang semuanya masih berdiri saat ini.

Pada tanggal 4 Mei 1949, setelah dijamin Serie rekaman mereka back-to-back kelima judul A, dan dalam perjalanan pulang setelah pertandingan persahabatan dengan Benfica di Lisbon,

Portugal, pesawat membawa Grande Torino jatuh terhadap Basilika Superga, di sebuah bukit dekat Turin, menewaskan hampir semua pemain dan manajer.
Grande Torino masih banyak dicintai oleh penggemar sepak bola Italia sebagai simbol kebanggaan nasional yang membantu orang Italia melewati kesulitan pasca Perang Dunia II.

Derby Turin telah dibandingkan dengan derby Manchester di Inggris. Sementara Manchester United memiliki dukungan dukungan besar dari seluruh dunia, tetapi terutama Inggris, Irlandia, Skotlandia dan Wales, dukungan Manchester City hampir entirly dibatasi ke Manchester dan sekitarnya. Di Turin, Torino memiliki berikut lokal terbesar, tapi Juventus menarik dukungan dari seluruh Italia, dan seluruh Eropa Selatan dan Timur.
Di stadion para penggemar Juventus biasanya berteriak "Inferior!" dan "Anak-anak!", namun Torino penggemar telah dikenal berteriak "Cheats!" dan "Bajingan!" karena tuduhan pertandingan Juventus memperbaiki. Kekerasan sering istirahat keluar dan lapangan. Pada 2007/2008 ada kerusuhan sebelum pertandingan antara hooligan dan polisi, 40 penangkapan, 2 policemans terluka, tong sampah dibakar dan mobil dirusak dan toko banyak hasilnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Artikel Lainnya