Senin, 14 Maret 2011

Persija Hajar Persiba 5-1

Liga Super Indonesia

Persija Hajar Persiba 5-1 Persija Jakarta sukses menggilas tim tamunya, Persiba Balikpapan, 5-1 pada laga lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) yang berlangsung di Stadion Utama, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (13/3).

Kemenangan ini membawa Macan Kemayoran naik ke peringkat tiga besar klasemen sementara dengan poin 29, menggeser Persiwa Wamena. Menyisakan dua poin di bawah runner up, Semen Padang.

Gol perdana untuk Persija dipersembahkan oleh kapten timnya, Bambang Pamungkas di menit ke-8. Stiker senior bernomor punggung 20 ini berhasil menjebol gawang yang dijaga Galih Sudaryono setelah memanfaatkan umpan silang dari Muhammad Ilham dari sayap kanan.

Pada menit ke-27, Persiba menyamakan kedudukan menjadi imbang 1-1 melalui aksi Aldo Baretto. Pemain yang menjadi top skorer LSI saat membela klub Bontang FC musim lalu ini sukses merobek gawang Hendro Kartiko melalui tendangan keras melanjutkan umpan Trias Budi. Kedudukan imbang tersebut bertahan sampai turun minum.

Bermain dihadapan pendukungnya, Jakmania, Bambang cs tampil agresif di babak kedua. Tekanan demi tekanan terus dilancarkan melalui pemain sayap kiri, Greg Nwokolo. Akibatnya, gol kedua pun tercipta. Tendangan Muhammad Ilham dari kotak finalti tidak bisa diatasi pemain belakang Persiba, dan akhir terjadi gol bunuh diri oleh Mijo Dadic di menit ke-55.

"Sebenarnya kami sudah mengantisipasi babak kedua, tetapi adanya gol bunuh diri itu membuat semua pemain Persiba turun," kata Haryadi, pelatih Persiba, saat jumpa wartawan usai pertandingan.

Setelah unggul 2-1, tim asuhan Rahmad Darmawan semakin gencar melakukan penetrasi serangan sehingga peluang gol banyak tercipta. Tambahan gol dipersembahkan pemain Agu Casmir di menit ke-60 yang mendapat umpan dari Greg. Usai mencetak gol, pemain asal Singapura itu terpaksa ditarik keluar lapangan dan digantikan Aliyudin karena kaki kirinya cedera.

Tidak puas dengan keunggulan 3-1, pemain Macan Kemayoran ini semakin menggila akibatnya pemain Beruang Madu bertambah tertekan. Terlebih lagi, Ilham yang berperan sebagai pemain sayap kanan bertambah agresif. Di menit ke-72, Ilham berhasil keluar dari penjagaan sehingga leluasa melesatkan tendangan dari kotak finalti sehingga memaksa kiper Galih memungut bola dari gawangnya untuk kali keempat. Di masa injuri time, Aliyudin yang masuk menggantikan Agu di menit ke-61, menggenapi keunggulan Persija menjadi 5-1.

"Saya puas dengan penampilan para pemain hari ini, hasilnya lebih dari target," kata Rahmad Darmawan, pelatih Persija. Di babak pertama, Rahmad melihat pemainnya mengalami penurunan kepercayaan diri setelah bek Eric Arsene Bayemi cedera dan ditarik keluar lapangan. Akibatnya, gelandang Syamsul Haerudin dan Greg terpecah konsentrasinya karena membantu pertahanan.

Melihat kondisi demikian, Rahmad mengubah strategi permainan. Dari formasi 4-3-2-1 di babak pertama diganti menjadi 4-4-2 dengan memainkan Ilham di sayap kanan dan Greg di sayap kiri. Ternyata strategi ini cukup ampuh. Formasi kembali berubah setelah Agu ditarik keluar lapangan, menjadi 4-4-1-1. "Bepe selain di depan juga membantu ke belakang," kata Rahmad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Lainnya