Selasa, 21 Juni 2011

Sinyal Rahmad Darmawan Untuk Persija

Sinyal Rahmad Darmawan Untuk Persija
Persija Jakarta hanya finis di peringkat 3 Indonesia Super League (ISL) 2010/2011. Namun, Rahmad ’RD’ Darmawan puas dengan performa timnya. Lantas, apakah RD masih bersama Persija musim depan?

Kontrak pelatih kelahiran Lampung ini dengan Persija hanya berdurasi semusim. Namun,ada opsi klub Ibu Kota berjuluk Macan Kemayoran bisa memperpanjang kontrak RD untuk tetap menangani Persija. Sekarang RD masih menunggu pertemuannya dengan manajemen Persija.

Menurut dia,memperjelas status Persija untuk perjalanan pada musim mendatang menjadi satu hal yang sangat menentukan bagi perjalanan Macan Kemayoran. Soal target juara ISL musim ini yang lepas dari genggaman Persija,RD tak banyak komentar.Hanya,eks arsitek Sriwijaya FC (SFC) itu tetap puas dengan hasil yang dicapai Bambang ’Bepe’ Pamungkas dkk.Soal evaluasi,RD juga belum melakukannya.

”Kami belum melakukan evaluasi, karena masih menunggu pertemuan dengan manajemen lebih dulu.Gambaran umumnya, saya puas dengan kerja pemain selama satu musim.Kemampuan kami mendapatkan poin away lebih banyak membuat tim ini memiliki prospek yang cerah,”kata RD, kemarin.

Untuk agenda evaluasi,ada beberapa catatan penting yang akan dipaparkan RD. Performa Bepe dkk musim ini yang kadang menurun selepas jeda panjang kompetisi menjadi masalah yang akan dicari jalan keluarnya. Sebagai contoh,RD memaparkan beberapa kesulitan yang dialami timnya.

Seperti yang dialami Persija saat menjalani laga tandang di Papua.Jika sebelumnya mereka mampu menunjukkan penampilan maksimal,setelah libur panjang anak asuhnya sulit kembali ke performa semula. Untuk perbaikan setiap lini,RD merasa tak terlalu banyak pergantian pemain.

Menurut arsitek 44 tahun ini,lini depan dan belakang Persija musim ini sudah menunjukkan penampilan yang bagus. Urusan menjebol gawang lawan,juru gedor Macan Kemayoran memiliki produktivitas bagus.Persija memasukkan 52 gol dari 24 laga dan ada di posisi kedua bersama Arema FC Malang.

Jumlah kemasukan tertinggal 11 gol dari juara ISL musim ini Persipura Jayapura. Gelandang serang Greg Nwokolo menjadi top skor Persija dengan 13 gol.Bepe ada di peringkat 2 dengan sumbangan 12 gol. Sementara barisan bertahan Persija pun tak terlalu buruk.Persija kebobolan 28 gol dan menjadi klub keempat paling sedikit kemasukan musim ini.

Macan Kemayoran di bawah Persipura (23),Arema (25),dan Semen Padang (27). Mengenai tugas Persija yang akan berkiprah di Piala AFC 2012,hal itu juga menjadi perhatian RD.Sang arsitek ini pun mengaku akan memanfaatkan pengalamannya saat menukangi SFC. Musim 2009,SFC di bawah RD berlaga di fase grup Liga Champions Asia.

Klub ini juga bermain di Piala AFC 2010 bersama RD dan berhasil lolos hingga ke 16 besar.Pengalaman tampil di level Asia ini coba dimaksimalkan RD bersama Persija musim 2012.Ayah dua anak ini juga siap untuk membagi pikiran dan fokus di dua kompetisi sekaligus bersama Macan Kemayoran.

’’Saya ada beberapa pengalaman bermain di Asia.Hal itu akan jadi pelajaran bagi Persija, jika nantinya berlaga di Piala AFC.Ada beberapa hal memang yang akan kami benahi, seperti merekrut pemain yang lebih kuat dalam menyerang dan bertahan,’’ tutur RD. Ambisi Persija memberikan penampilan terbaik di Piala AFC juga disuarakan pemain belakang Persija M Nasuha.

Pemain yang juga bisa main sebagai gelandang ini mengatakan, kerja keras dan semangat juang lebih besar harus ditunjukkan pemain Persija. Walau belum tahu tentang masa depannya dengan Persija,Nasuha tetap yakin jika timnya bisa berbuat banyak untuk kompetisi musim mendatang.Kontrak Nasuha yang akan berakhir pada Agustus tak membuatnya semangatnya surut dalam memberikan kontribusi besar bagi Persija.

”Kerja keras untuk membangun tim tentu harus ditambah.Saya memang belum tahu soal masa depan saya di Persija karena pada Agustus nanti kontrak akan berakhir. Tapi,saya berharap semua pemain bisa melakukan evaluasi diri soal penampilannya musim sebelumnya,”tandas Nasuha.
sumber : Bolaindo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Lainnya