Jumat, 04 Februari 2011

Persamaan antara Suharto & Mubarak


Fakta unik antara Mesir & Indonesia:

1. Indonesia adalah Negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Mesir adalah Negara berpenduduk muslim terbesar di dunia arab.
2. Sama-sama pernah dipimpin oleh Diktator selama 3 dekade (30 tahun lebih): Mesir (Mubarak), Indonesia (Suharto).
3. Sang Diktator, sama-sama berlatar belakang militer.
4. Cara yang dipakai kedua diktator untuk melanggengkan kekuasaannya sama, yaitu sama2 mengandalkan militer, represif, membuat partai status quo yang dominan di parlemen: Mubarak (NDP) & Suharto (Golkar) dan sama2 menggelar pemilu palsu.
5. Semua putra kedua diktator tersebut tidak ada yang mengikuti jejak militer ayahnya, seluruhnya mengambil bidang ekonomi untuk jalan hidupnya: anak2 Mubarak (bankir), anak2 Suharto (pengusaha).
6. Usia saat rezim diktator berkuasa: Mubarak 53tahun (5+3=8), Suharto 44tahun (4+4=8)
7. Mesir adalah negara pertama yang mengakui Indonesia, Mesir jugalah negara terakhir yang dikunjungi oleh diktator Indonesia (Suharto).
8. Kedua diktator sama2 menghadapi unjuk rasa besar-besaran yang dipelopori oleh pemuda dipenghujung masa jabatannya.
9. Icon perubahan sama-sama mengenyam pendidikan pasca sarjananya di Amerika Serikat dan bernama depan Muhammad: Muhammad el Baradei (Mesir) & Muhammad Amin Rais (Indonesia).
10. Jelang jatuhya Rezim diktator Indonesia dimulai pada tanggal 13 , 13 tahun kemudian peristiwa yang sama terjadi di Mesir <1998-2011>.

Estimasi yang akan terjadi pada reformasi Mesir

1. Rezim Diktator Indonesia jatuh pada tanggal 21 , 21 hari waktu yang diperlukan untuk menumbangkan rezim diktator Mesir ??
2. Rezim diktator Indonesia turun digantikan oleh wakil presidennya (habibie), begitupula dengan Mesir kepada wapresnya Omar Sulaeman??
3. Pemerintahan pasca rezim adalah pemerintahan transisi yang tugasnya untuk mempersiapkan pemilu demokratis.
4. Selama periode transisi pemerintahan ada 3 kekuatan yang saling berebut pengaruh:
Habibie (*Poros Islam, **Poros nasional sekuler & ***Status quo )..
Omar (*Ikhwanul Muslimin, **Barat & ***Status quo )
5. Pasca transisi, Reformasi Indonesia dipimpin oleh sosok berlatar belakang Islam namun pemikirannya nasionalis sekuler (Gus Dur)..pasca transisi, Reformasi Mesir dipimpin kelompok Islam namun pro AS & Israel ??

Mungkin akan lain ceritanya, jika yang dilakukan rakyat mesir adalah revolusi islam (seperti di Iran). Sehingga akan ada 3 kekuatan ideologis terbesar di timur tengah:
1. Iran (Republik Islam Syiah) di Timur
2. Mesir (Republik Islam Sunni) di Barat ??
3. Israel (Republik Yahudi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Lainnya